Komunikasi dan Penyiaran Islam
(KPI) adalah salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Dakwah
dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurusan KPI memiliki
spesifikasi potensi dan keahlian tersendiri. Ada tiga pilar potensi utama yang
merupakan pembangun karakter dari jurusan KPI, yakni Khitobah (public
speaking), Kitabah (writing) dan I’lam (broadcasting). Ketiganya kita sebut
tripotensi mahasiswa KPI.
Tripotensi mahasiswa KPI merupakan
identitas mahasiswa KPI itu sendiri. Oleh karenanya, sangat miris rasanya jika
salah satu dari ketiga potensi tersebut tidak dimiliki. Ilmu filsafat, ilmu
ekonomi maupun disiplin ilmu lainnya memang menjadi hal yang sangat baik ketika
mampu dikuasai oleh sarjana KPI, tapi justru bisa menjadi bumerang manakala ia
tidak mampu mempertegas potensi dan pengetahuan tentang kompetensi yang ada di
jurusan KPI, setidak-tidaknya tiga potensi tadi.
Visi HMJ KPI periode 2013 adalah
“menciptakan mahasiswa jurusan KPI yang siap menghadapi tantangan masa depan”.
Salah satu tantangan yang dimaksud adalah persaingan di dunia media. Dalam hal
ini, persaingan di dunia media bukan hanya milik sarjana KPI atau sarjana
komunikasi saja, sarjana ekonomi, sarjana pendidikan dan lain-lainnya pun juga
turut bergulat di sana. Sebagai jembatan untuk menuju visi tersebut, maka
diadakanlah program pengembangan potensi mahasiswa KPI yang dituangkan dalam
bentuk komunitas yang bernama “Islamic Broadcasting and Communication Talent
Development”, disingkat I-brand. Komunitas yang akan mengakomodasi pengembangan
tripotensi mahasiswa KPI.
Logo I-brand |
I-brand dibentuk pada tanggal 20
Mei 2013 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan
dilaunching pada tanggal 22 Mei 2013. Launching I-brand ketika itu dirangkaikan
dengan Dialog Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional). Kalau cikal bakal
Harkitnas adalah pembentukan organisasi bernama Budi Utomo, maka harapan
dibentuknya komunitas I-brand adalah sebagai embrio kebangkitan spirit
mahasiswa KPI dalam mengembangkan potensi ke-KPI-annya.
Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Menandatangani Prasasti Launching I-brand |
Dengan memantapkan potensi di
jurusan KPI melalui I-brand, diharapkan mampu menjadi bekal mahasiswa KPI
menghadapi berbagai tantangan ke depannya. Sehingga nantinya alumnus KPI bukan
hanya sekedar pekerja media, tetapi mereka mampu menjadi konseptor media,
memiliki strategi manajemen media yang baik dan berwawasan luas, bahkan
lebih dari itu, mereka yang akan menjadi owner dari media itu
sendiri. Aamiin.
0 komentar:
Posting Komentar