, Wahyu's Blog: Histori Komunitas I-brand

Pages

Kamis, 17 April 2014

Histori Komunitas I-brand

Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) adalah salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurusan KPI memiliki spesifikasi potensi dan keahlian tersendiri. Ada tiga pilar potensi utama yang merupakan pembangun karakter dari jurusan KPI, yakni Khitobah (public speaking), Kitabah (writing) dan I’lam (broadcasting). Ketiganya kita sebut tripotensi mahasiswa KPI.
Tripotensi mahasiswa KPI merupakan identitas mahasiswa KPI itu sendiri. Oleh karenanya, sangat miris rasanya jika salah satu dari ketiga potensi tersebut tidak dimiliki. Ilmu filsafat, ilmu ekonomi maupun disiplin ilmu lainnya memang menjadi hal yang sangat baik ketika mampu dikuasai oleh sarjana KPI, tapi justru bisa menjadi bumerang manakala ia tidak mampu mempertegas potensi dan pengetahuan tentang kompetensi yang ada di jurusan KPI, setidak-tidaknya tiga potensi tadi.
Visi HMJ KPI periode 2013 adalah “menciptakan mahasiswa jurusan KPI yang siap menghadapi tantangan masa depan”. Salah satu tantangan yang dimaksud adalah persaingan di dunia media. Dalam hal ini, persaingan di dunia media bukan hanya milik sarjana KPI atau sarjana komunikasi saja, sarjana ekonomi, sarjana pendidikan dan lain-lainnya pun juga turut bergulat di sana. Sebagai jembatan untuk menuju visi tersebut, maka diadakanlah program pengembangan potensi mahasiswa KPI yang dituangkan dalam bentuk komunitas yang bernama “Islamic Broadcasting and Communication Talent Development”, disingkat I-brand. Komunitas yang akan mengakomodasi pengembangan tripotensi mahasiswa KPI.
Logo I-brand

I-brand dibentuk pada tanggal 20 Mei 2013 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) dan dilaunching pada tanggal 22 Mei 2013. Launching I-brand ketika itu dirangkaikan dengan Dialog Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional). Kalau cikal bakal Harkitnas adalah pembentukan organisasi bernama Budi Utomo, maka harapan dibentuknya komunitas I-brand adalah sebagai embrio kebangkitan spirit mahasiswa KPI dalam mengembangkan potensi ke-KPI-annya.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Menandatangani Prasasti Launching I-brand
Dengan memantapkan potensi di jurusan KPI melalui I-brand, diharapkan mampu menjadi bekal mahasiswa KPI menghadapi berbagai tantangan ke depannya. Sehingga nantinya alumnus KPI bukan hanya sekedar pekerja media, tetapi mereka mampu menjadi konseptor media, memiliki strategi manajemen media yang baik dan berwawasan luas, bahkan  lebih dari itu, mereka yang akan menjadi owner dari media itu sendiri. Aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar